ISO 20252 2006 RISET PASAR MARKET RESEARCH

Kamis, 28 Agustus 2014 0 komentar

Riset ternyata dapat menjadi bisnis yang menggiurkan, tidak hanya di kalangan dunia usaha yang membutuhkan hasil riset untuk pengembangan hasil produk dan bisnisnya. Para politis juga membutuhkan untuk melancarkan strategi dan kebijakan partainya.
Didorong oleh industry riset pasar global dan asosiasi perdagangan dan professional, termasuk European Society for Opinion and Market Research (ESOMAR) dan Market Research Quality Standard Association (MRQSA), diterbitkanlah ISO 20252:2006, Market, opinion and social research – Vocabulary and services requirement. Standar ini menyediakan framework yang diakui secara international untuk penduan dilakukannya riset pasar. ISO 20252:2006 memuat requirement untuk riset pasar, mendukung konsistensi dan transparansi dalam menjalankan survey dan memberikan jaminan mutu atas hasil survey maupun kepercayaan thd penyelanggara hasil survey tsb.

ISO 20252:2006, menerapkan prinsip-prinsip standar management mutu ISO (khususnya Quality management system-Fundamental and Vocabulary) ke dalam riset pasar, pendapat dan social dan menyelaraskan ke tingkat international berbagai persyaratan dari standar nasional maupun industry kode yang sudah ada untuk sektor ini.
Tujuan standar ini adalah untuk mengembangkan standar international yang menguraikan pedoman dan persyaratan yang berkaitan dengan bagaimana penelitian pasar di rencanakan, dilaksanakan, di awasi dan di laporkan kepada klien. Oleh karena itu, ISO 20252:2006 mencakup semua tahapan studi penelitian mulai dari kontak awal antara klien dan penyedia layanan hingga hasil presentasi kepada klien.
ISO 20252 merupakan hasil ISO/TC 225, Market, opinion and social research yang dibentuk sebagai respon terhadap inisiatif oleh European Federation of Associations of Market Research Organizations (EFAMRO).
ISO 20252:2006 merupakan standar mutu proses dan tidak dimaksudkan sebagai standar mutu design. Sengaja diputuskan demikian karena hampr tidak mungkin para pelaku riset menyepakati persyaratan standar mutu design. Jika untuk persyaratan mutu proses, kendatipun sulit, ada kemungkinan terjadinya kesepakatan dan standar ini dimaksudkan berlaku global.



Isi utama dan standar ini mencakup 5 bagian penting, antara lain :

1. Persyaratan system management mutu
2. Unsur pengelola penanggung jawab pelaksana riset
3. Koleksi data
4. Management data dan pemrosesannya
5. Dokumentasi proyek


1. Persyaratan Management Mutu
Bagi organisasi yang telah bersertfikasi ISO prosedur penjaminan mutu sudah dimiliki, namun tidak semua organisasi bersertifikat ISO 9001, standar ini menjelaskan bahwa bagi organisasi yang ingin menjalankan ISO 20252 tetap dapat melakukannya tanpa perlu sertifikat ISO 9001 sebagai tambahan. Yang menjadi perhatian dari persyaratan management mutu dari standar ini adalah organisasi dan tanggungjawabnya, dokumentasi, penyimpanan dokumen, pelatihan dan pengembangan kompetensi, penggunaaan sub kontraktor, resolusi dan analisa yang salah dan pemecahan masalah.

2. Unsur Pengelola Penanggungjawab Pelaksana Riset
Bagian ini berisi tahapan utama dari proses riset mulai dari permintaan user sampai dengan penyerahan final deliverable. Di sini digambarkan mengenai prosedur yang perlu di berlakukan untuk memastikan bahwa persyaratan dipahami; metode untuk pencapaian hasil riset secara jelas di definisikan; ketersediaan sumber daya yang relevan; adanya keahlian dan dijalankannya prosedur secara tepat untuk mencapai hasil yang memuaskan dari setiap tahapan proses riset. Deksripsi yang jelas mengenai komponen-komponen dari tugas riset bertujuan untuk menghasilkan perencanaan yang baik dan bersifat menyeluruh dan setiap proses tahapan proses ada di bawah penanggung jawab yang jelas.

3. Koleksi Data
Bagian ini mendefinisikan persyaratan dari semua aspek koleksi data dengan penekanan pada pekerjaan di lapangan. Selanjutnya, standar ini member panduan kebutuhan pelatihan yang berkesinambungan dan penilaian. Bagian ini juga mencakup kebutuhan terhadap identifikasi yang memadai, proteksi data dan kerahasiaan.

4. Management Data dan Pemrosesannya
Bagian ini berkenaan dengan keseluruhan aktifitas mulai dari memasukkan data hingga penyajian analisa. Pada bagian ini dipisahkan secara khusus untuk pemasukan data, pengkodean, penyuntingan, management arsip, analisa, penyajian dan back up, retensi dan keamanan data. Instruksi yang jelas, verifikasi, dokumentasi dan resolusi kesalahan merupakan tema umum di bagian ini.

5. Dokumentasi Proyek
Bagian ini memberlakukan persyaratan yang lengkap mengenai proyek.

Dapat disimpulkan ISO 20252 dapat menjalankan peran vital dengan membantu industry riset pasar membangun reputasi terkait dengan aspek compability, traceability dan perbaikan terus menerus. (Sumber : SNI Valuasi Magazine )

Semoga bermanfaat,
Salam.
Ivan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Buka Kaca